Untuk Peningkatan Kapasitas UKM/IKM Ekspor Kopi, ID SEED – IDN UNITED Dan GKON Foundation Berkolaborasi

Untuk Peningkatan Kapasitas UKM/IKM Ekspor Kopi, ID SEED – IDN UNITED Dan GKON Foundation Berkolaborasi
 Ira Damayanti (kiri) dan Ayub Suleman Pulungan (kanan) jabat tangan setelah penandatanganan MOU.
(foto: Audi Marchal)


Jakarta - Dalam rangka mendukung percepatan ekspor UKM-IKM Indonesia, Indonesian Diaspora Network United SME-SMI Export Empowerment Development (ID-SEED) bersama-sama Yayasan Gerakan Kopi OkeOce Nusantara (GKON) melakukan sinergi kerja sama dengan menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MOU) untuk Peningkatan Keterampilan Dan Pemahaman Pelaku Usaha Dan Industri Kecil Menengah Dalam Penetrasi Pasar Luar Negeri, khususnya dalam bidang kopi.

Penandatanganan MOU tersebut dilaksanakan di Sipirock Coffee, Jakarta Selatan pada Jumat (27/7). Acara ini dihadiri oleh Trie Edi Mulyani mantan Duta Besar RI untuk Republik Columbia periode 2012-2017.


Untuk Peningkatan Kapasitas UKM/IKM Ekspor Kopi, ID SEED – IDN UNITED Dan GKON Foundation Berkolaborasi
Trie Edi Mulyani (paling kiri) menyaksikan penandatanganan MOU. (foto: Audi Marchal)

“Produk-produk kopi Indonesia mesti dilakukan pembinaan dan pemberdayaan yang tepat agar dapat bersaing di pasar Internasional,kata Trie Edi.

“Produk UKM/IKM Indonesia banyak yang bagus-bagus dan mampu bersaing di pasar global, contohnya produk kopi Indonesia sudah terkenal di mancanegara sejak lama, namun belum banyak yang mengerti bagaimana menembus pasar ekspor. Hal itu disebabkan oleh kurangnya informasi dan pengetahuan tentang tata cara ekspor serta regulasi ekspor baik di Indonesia dan negara tujuan ekspor,ungkap Ira Damayanti (Vice President Indonesia Diaspora Network).

“Varian produk-produk kopi daerah (single origin) dengan aroma dan rasa yang khas sesuai indikasi geografis merupakan keunggulan dan nilai tambah bagi setiap daerah,” ungkap Ayub Suleman Pulungan (CEO GKON). Ia merasa yakin dapat melakukan terobosan pasar ke luar negeri dengan produk-produk kopi unggulan daerah.

Untuk Peningkatan Kapasitas UKM/IKM Ekspor Kopi, ID SEED – IDN UNITED Dan GKON Foundation Berkolaborasi

Untuk Peningkatan Kapasitas UKM/IKM Ekspor Kopi, ID SEED – IDN UNITED Dan GKON Foundation Berkolaborasi
(foto: Audi Marchal)

Saat ini produksi kopi Indonesia masih berada di posisi nomor 4 dunia tertinggal dengan Negara Brazil, Vietnam dan Colombia. Hal itu merupakan tantangan bagi produsen kopi untuk dapat meningkatkan produksi sehingga dapat bersaing. Peningkatan kapasitas pelaku UKM-IKM dilakukan dengan kegiatan-kegiatan berkala berupa workshop dan pelatihan terkait dengan ekspor.

Komentar

Postingan Populer